Sudah belajar mati-matian, tapi otak rasanya masih sulit buat memahami materi? Apalagi kalau saat ini kamu lagi “panas-panasnya” mempersiapkan diri buat masuk kuliah atau menghadapi ujian, kan? Mungkin ada yang salah dengan pola makan kamu. Jadi, salah satu cara untuk menjaga fungsi otak adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi ke tubuh kamu. Kabar baiknya, ada cukup banyak makanan sehat yang bisa mendukung performa otak kamu. Beberapa di antaranyabisa kamu cari tahu di bawah ini!

Bayam

Bukan tanpa alasan tokoh animasi Popeye suka makan bayam. Bukan cuma bisa bikin tambah kuat, bayam juga termasuk salah satu makanan sehat yang baik banget buat otak. Kandungan vitamin K dalam bayam sudah terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan daya ingat otak.

Sayuran berdaun hijau ini juga mengandung vitamin B yang berfungsi melindungi saraf otak dari kerusakan. Alhasil, risiko penurunan fungsi kognitif otak pun bisa diminimalisir. Nggak berhenti sampai situ, sebagai bonusmya, bayam juga bisa membantu detoksifikasi liver kamu, lho

Buah berry

Buat yang suka belajar sambil ngemil, coba deh sesekali makan buah berry sebagai menu camilan. Bisa berupa stroberi, blueberry, atau raspberry. Kaya akan antioksidan, buah berry tersebut bisa membantu meningkatkan memori dan melindungi otak kamu. Secara otomatis, kinerja otak kamu pun pasti bakal ikut meningkat. Kabar baiknya lagi, buah-buahan berry juga bisa membantu mengurangi risiko timbulnya penyakit Parkinson dan Alzheimer di masa depan.

Ikan salmon

Sudah jadi rahasia umum kalau ikan merupakan salah satu makanan sehat yang khasiatnya baik banget buat tubuh. Apalagi kalau itu adalah ikan salmon, yang kandungan gizinya cukup banyak, mulai dari protein, asam lemak omega-3, vitamin B3, B6, B12, tirosin, lesitin, sampai DMAE, semua bisa kamu temukan dalam ikan salmon.

Kandungan vitamin B12 dalam ikan salmon bisa membantu pengaturan sistem saraf agar tidak tegang, sehingga risiko penyusutan otak pun bisa dihindari. Nggak ketinggalan asam lemak omega-3 yang bisa membantu menurunkan risiko kehilangan daya ingat hingga mencegah demensia.

Alpukat

Makanan sehat satu ini terkenal kaya akan asam oleat, yaitu jenis asam lemak sehat yang bisa membantu meningkatkan kinerja otak. Caranya adalah menciptakan selubung bernama mielin di sekitar otak, lalu mielin bakal mendukung proses informasi hingga kecepatan sekitar 300 km per jam. Dengan kata lain, kurangnya mielin bisa memperlambat kemampuan otak kamu. Selain alpukat, makanan seht lain yang juga mengandung asam oleat adalah kacang mete, almond, dan pecan.

Cokelat hitam

Kabar baik buat kamu yang suka makan cokelat hitam atau dark chocolate! Bukan cuma rasanya enak, cokelat hitam ternyata juga termasuk makanan sehat yang bagus buat otak. Kandungan flavanoid dalam cokelat hitam bisa melindungi otak dari penurunan fungsi kognitif.

Cokelat hitam juga mengandung methylxanthines yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan konsentrasi. Cocok banget dengan pelajar seperti kamu yang harus memahami banyak materi! Nggak cuma itu, ada pula kandungan theobromine dan kafein yang membuat cokelat hitam bisa meningkatkan kewaspadaan kamu.

Mulai sekarang, biar kinerja otak lebih maksimal, perbanyak konsumsi berbagai makanan sehat di atas, ya. Tentunya tetap harus diimbangi juga dengan metode pembelajaran terbaik, yang bisa kamu dapatkan dengan bergabung di tempat bimbel SSC Sidoarjo. Dengan begini, otak bisa makin encer sehingga mempermudah kamu dalam proses pembelajaran sehari-hari dan siap menyongsong masa depan yang cerah!

Photo Credit: Pexels