Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Belajar di Sekolah

Menghabiskan waktu enam jam lebih di sekolah, dengan beragam kegiatan yang harus dilakukan, tentu akan membuatmu lelah dan capek. Mulai dari belajar di kelas, praktik di laboratorium, olahraga di lapangan, hingga mengikuti kegiatan non akademik, sangat bisa menguras tenaga. Ujung-ujungnya, kalau kamu tidak bisa mengatur waktu dengan dan menjaga kondisi tubuh, bisa membuat lelah belajar keesokan harinya. Nggak mau kan, kamu jadi mudah lelah belajar di sekolah dan tidak bisa menguasai pelajaran dengan maksimal? Yuk, cari tahu tipsnya! 

Hindari tidur larut malam

Ayo ngaku, siapa yang suka tidur larut malam dan begadang hingga tengah malam? Sebenarnya, apa sih yang kamu lakukan hingga tidur sangat malam? Main games atau belajar buat ujian? Apapun alasannya, ada baiknya siswa sekolah sepertimu tidak tidur hingga larut malam karena bisa membuat lelah belajar keesokan harinya. Kalau kamu tidak cukup tidur, maka tubuh tidak punya cukup waktu beristirahat dan menyiapkan energi untuk keesokan harinya. Alhasil, kamu jadi ngantuk, mudah lelah, dan malas berangkat sekolah. 

Kurangi pikiran negatif

Ada kalanya, pikiran negatif yang ada pada pikiran, menyebabkan rasa lelah belajar dan mudah menyerah. Misalnya saja, di pagi hari saat berangkat sekolah, kamu sudah memikirkan bagaimana capeknya nanti mengikuti seluruh pelajaran, praktik, ulangan, dan segala kegiatan lain yang bakal dilakukan di sekolah. Ditambah, rasa takut karena hari ini akan ada mata pelajaran yang diajarkan oleh guru killer. Benar-benar double kill! Kamu jadi nggak bisa fokus, kurang semangat, dan sudah capek duluan. 

Maka dari itu, coba deh kurangi pikiran-pikiran buruk seperti ini saat pagi hari berangkat sekolah. Kamu harus memikirkan hal-hal baik yang bisa membuat semangat dan fokus belajar. Pikirkan saja bahwa hari ini akan bisa dilalui dengan baik dan kamu bisa menjalani kelas, ulangan, praktik, serta kegiatan lainnya. 

Cukupi kebutuhan air putih

Ketika waktumu banyak dihabiskan dengan aktivitas, maka tubuh akan membutuhkan banyak asupan cairan untuk menjaganya tetap terhidrasi dengan baik. Air putih punya banyak manfaat baik bagi tubuh, menjaga kesegaran kulit, kadar cairan, dan membantu proses pencernaan serta pembuangan sisa makanan. Kalau tubuh tidak terhidrasi dengan baik, maka yang akan kamu rasakan adalah kurang bersemangat dan lelah belajar. 

Manfaatkan dengan baik waktu istirahatmu. Perbanyak minum air putih di waktu ini. Hindari minuman berasa, berwarna, dan bersoda karena tidak baik untuk kesehatan. Supaya kamu bisa menakar berapa air putih yang sudah dikonsumsi, bisa bawa botol minum sendiri saat ke sekolah. 

Makan makanan bergizi

Selain air putih, makanan bergizi akan sangat berpengaruh pada kondisimu selama di sekolah. Makan-makanan berserat, seperti sayur dan buah, jauh lebih baik daripada makanan berbahan dasar tepung dan kadar gula tinggi. Di pagi hari, kamu bisa menyantap apel atau pisang untuk sarapan. Kalau mau varian lain, bisa pilih telur rebus atau salad. Jangan berlebihan saat makan pagi. Selain karena bisa memicu sakit perut, bisa juga membuat lelah belajar dan mengantuk. 

Atur waktu untuk kegiatan non akademik 

Kegiatan non akademik atau ekstrakurikuler memang penting untuk meningkatkan skill di luar mata pelajaran yang diajarkan. Kegiatan non akademik juga bisa menjadi tempat kamu bersosialisasi dan memperluas lingkungan pertemanan. Tapi, yang membuat kegiatan non akademik jadi tidak baik adalah saat kamu tidak bisa mengatur waktu hingga lelah belajar keesokan harinya. Contohnya saja ekstrakurikuler yang dilakukan sepulang sekolah hingga larut malam. Ini akan sangat mengurangi tenaga dan pikiran. Jadi, atur waktumu dengan baik, ya! 

Rasa lelah belajar saat di sekolah memang sangat wajar dirasakan oleh siswa sekolah. Terlebih di waktu menjelang pelaksanaan ujian sekolah dan ujian nasional. Kamu harus menyiapkan tenaga ekstra untuk mengikuti persiapannya. Atur waktumu dengan baik, entah itu untuk sekolah, ekstrakurikuler, ataupun bimbingan belajar. Kalau kamu bergabung di SSC Sidoarjo, kamu akan dengan mudah menyesuaikan jadwal les dengan jadwal kegiatan lainnya. Intip deh, kelas apa saja yang dimiliki SSC Sidoarjo

Photo credit: SSC Sidoarjo