Istirahat Sekolah, Manfaatkan dengan 5 Kegiatan Ini!

Belajar memang merupakan aktivitas yang penting. Namun, terus-terusan belajar selama berjam-jam tanpa jeda pun juga nggak baik. Itulah kenapa ada sesi istirahat di sekolah. Bahkan kalau jam sekolah kamu termasuk full day, biasanya bakal ada dua kali sesi istirahat. Para siswa pun memanfaatkan waktu tersebut untuk refreshing sejenak sebelum kembali berkutat dengan pelajaran. Ada beragam kegiatan istirahat sekolah yang bisa kamu lakukan. Cek beberapa di antaranya berikut ini!

Baca buku

Kamu tentu sudah tahu berbagai manfaat membaca terhadap kinerja otak kamu. Makanya, coba deh sesekali baca buku untuk mengisi kegiatan istirahat sekolah. Nggak harus baca buku yang berhubungan dengan pelajaran, kok. Kamu bisa membaca novel, majalah, atau komik yang kamu bawa sendiri dari rumah.

Jangan sepelekan aktivitas membaca bacaan fiksi. Kegiatan satu ini sudah terbukti mampu meningkatkan empati dan membantu memperkaya kosa kata kamu. Tapi kalau memang lagi nggak membawa bacaan sendiri, kamu selalu bisa meminjamnya di perpustakaan sekolah. 

Nonton video atau dengerin podcast

Belajar selama berjam-jam tentu bikin otak penat. Coba refreshing sejenak dengan menonton video-video favorit. Kamu bisa menontonnya di YouTube atau streaming layanan online untuk menonton series dan film kesukaan. Kalau mau lebih produktif lagi, coba deh tonton video-video bertema pengembangan diri. Selain video, kamu juga bisa mendengarkan podcast yang saat ini mulai banyak bermunculan dengan beragam tema menarik buat diikuti.

Kumpul organisasi atau ekskul

Networking merupakan salah satu skill paling penting yang dibutuhkan saat di dunia kerja nanti. Nah, kamu bisa banget lho mengasahnya sejak SMA. Selama tiga tahun di SMA, pasti ada cukup banyak event kepanitiaan yang bisa diikuti. Kamu bisa bergabung menjadi panitianya untuk belajar networking sekaligus event organizing. Kalau memang sekolah kamu jarang mengadakan event, masih ada ekskul yang bisa kamu ikuti.

Lalu, manfaatkan waktu istirahat untuk kumpul organisasi atau ekskul. Kamu dan teman-teman bisa membahas progress acara yang dilakukan, program kerja ekskul, atau sekadar catch up satu sama lain. Lumayan, kan, kepanitiaan masih bisa jalan tanpa harus mengganggu jadwal sekolah?

Isi perut di kantin

Agar bisa belajar secara optimal, tubuh butuh asupan makanan yang cukup agar punya energi buat berpikir. Maka dari itu, jangan lupa mengisi perut saat istirahat sekolah, ya. Kalau lagi nggak bawa bekal, kamu bisa beli makan di kantin sekolah. Usahakan untuk membeli makanan sehat yang mengandung sayur-sayuran, buah-buahan, hingga protein cukup. Jangan cuma makan jajan yang penuh MSG, ya!

Mengerjakan tugas

Tugas dan PR dari sekolah seperti nggak ada habisnya, ya! Baru aja selesai mengerjakan satu PR, belum sempat kamu menarik napas buat beristirahat, eh sudah datang lagi seambrek tugas yang lain. Padahal, kan, kamu juga punya kesibukan lain di luar sekolah. Masa iya mau dihabiskan buat mengerjakan tugas saja? 

Nah, untuk menyiasati hal ini, kamu bisa lho mengerjakan tugas sebagai kegiatan istirahat sekolah. Ajak teman-teman buat mengerjakan bareng biar nggak merasa pusing sendirian. Nggak perlu mengerjakan tugas sampai benar-benar selesai, yang penting kamu sudah berusaha mencicil. Masih ada waktu sepulang sekolah untuk lanjut mengerjakannya di tempat bimbel.

Lakukan kegiatan istirahat sekolah di atas agar kamu bisa lebih produktif dalam menjalani hari-hari sebagai siswa. Selama ini, kegiatan apa sih yang biasanya kamu lakukan saat istirahat sekolah? Share with us!

Photo Credit: SSC Sidoarjo