Ekstrakulikuler sekolah untuk masa depan

Ternyata, memilih ekstrakurikuler sekolah itu nggak gampang lho! Selain menyesuaikan dengan keinginan, minat, hobi, dan kemampuan, memilih ekstrakurikuler sekolah juga harus disesuaikan dengan rencana masa depan. Pasalnya, kalau kamu benar-benar bisa memanfaatkan kegiatan ini, rencana pendidikan hingga karier ke depanmu bisa lancar. Simak daftar lima ekstrakurikuler di sekolah yang bermanfaat buat masa depan kamu!

Pramuka

Ekstrakurikuler yang ini sempat menjadi ekstrakurikuler wajib di beberapa sekolah. Tak tanggung-tanggung, setiap siswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pramuka di sekolahnya dalam satu hari selama satu pekan. Tapi, kamu pernah terpikir nggak sih, kenapa ekstrakulikuler yang satu ini sempat dijadikan ekstrakurikuler wajib?

Pramuka dijadikan ekstrakurikuler wajib itu banyak alasannya, salah satunya adalah manfaat di masa depan. Pramuka membangun kemampuan siswa untuk mandiri, belajar menyelesaikan masalah yang muncuk mencintai lingkungan, alam, dan manusia di sekitar, serta mengasah keterampilan untuk menjadi seorang pemimpin.

Di pramuka, kamu akan belajar banyak hal, termasuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab, dapat dipercaya, disiplin, dan berani. Ini adalah soft skill yang akan sangat kamu butuhkan saat sudah kuliah dan bekerja nanti.

Jurnalistik

Jurnalistik adalah salah satu ekstrakurikuler sekolah yang banyak diminati oleh siswa. Ekskul ini mengajarkanmu bagaimana caranya berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, termasuk bagaimana cara bekerja di media massa. Simpelnya, jurnalistik adalah miniatur pekerjaan jurnalis di luar sana. Kamu akan belajar mewawancarai orang, membuat berita dari informasi yang sudah didapat, dan menyebarkannya ke umum.

Di jurnalistik, kemampuan menulis dan berinteraksimu akan sangat meningkat. Sebab, jurnalistik mengharuskanmu menulis berita atau artikel yang akan disebarkan ke seantero sekolah. Sudah pasti kamu akan memberikan tulisan terbaikmu, kan? Begitu juga dengan kemampuan berinteraksi dan berbaur. Kamu akan lebih berani untuk mengajak bicara orang lain karena kamu akan sering diminta wawancara narasumber.

Olahraga

Ekskul yang ini sudah pasti banyaklah ya, peminatnya. Di setiap sekolah, hampir dipastikan ada kegiatan basket, sepak bola, sepak takraw, voli, futsal, bulu tangkis, dan semacamnya. Olahraga ini juga kebanyakan disukai oleh cowok-cowok, meski banyak juga cewek yang tertarik.

Di samping mengembangkan kemampuanmu dalam olahraga tersebut, kamu juga akan belajar soal sportivitas, di mana ini adalah skill penting dalam kehidupan. Di olahraga, kamu belajar bagaimana sportif saat menerima kekalahan dan kemenangan di pertandingan. Di masa depan, kamu akan belajar bahwa hidup mengharuskanmu untuk sportif saat mengalami kekalahan dan menjadikannya bahan bakar untuk mencapai yang lebih baik lagi.

Robotik

Ekstrakurikuler sekolah, robotik, mungkin tidak dimiliki oleh semua sekolah. Meski begitu, ekskul ini punya banyak manfaat buat kamu, lho! Di robotik, kamu akan belajar menjadi seorang penemu atau inventor di bidang teknologi.

Ilmu yang kamu pelajari juga bisa langsung diterapkan saat menciptakan teknologi baru ini. Di masa depan, kemampuanmu untuk mencipta teknologi baru akan sangat dibutuhkan untuk membuat alat-alat inovatif dan aplikatif yang digunakan untuk meningkatkan kualitas manusia.

Seni

Bermusik, menggambar dan mendesain menjadi hobi beberapa siswa. Oleh karena itu, sekolah mengadakan ekstrkurikuler seni yang akan mewadahi hobi siswanya ini. Kamu bisa bergabung di ekstrakurikuler musik seperti band, marching band, paduan suara, dan yang lain. Kamu juga bisa ikut ekstrakurikuler menggambar dan desain.

Kalau seni memang hobi dan bakatmu, kamu bisa membangun portfolio kegiatan dan prestasi di bidang senimu sejak masih sekolah. Di masa depan, kamu bisa gunakan portfolio karya dan prestasi ini untuk masuk kuliah atau mengembangkan karier.

Jadi bagaimana, kamu sendiri ikut ekstrakurikuler sekolah apa aja nih? Apakah ada yang disebutkan dari yang di atas? Meski ekskul ini bermanfaat, tapi seimbangkan juga dengan belajar untuk akademik ya, karena kemampuan akademik dan non-akademik itu sama pentingnya.

Kalau kamu ada kesulitan belajar akademik, bisa gabung di SSC Sidoarjo. Di sini ada banyak tentor yang akan membantu belajar dan layanan SOS untuk kamu yang menemukan kesulitan saat mengerjakan PR.

Photo credit: Pexels