Lebih Efektif Mencatat Pelajaran dengan Metode Mind Mapping

Besok mau ujian? Banyak hal yang harus dihafalkan? Bingung cara menghafalkan yang tepat bagaimana? Cobalah metode mind mapping. Metode ini terbukti ampuh untuk kamu yang ingin menghafalkan bacaan dengan cara yang cepat dan pastinya paham konsepnya. Simaklah ulasan mengenai metode mind mapping di bawah ini jika kamu ingin tahu lebih jauh lagi!

Apa sebenarnya metode mind mapping itu?

Metode mind mapping merupakan sebuah teknik membuat catatan yang awalnya diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog, konsultan pendidikan, dan penulis asal Inggris. Metode mind mapping sendiri diperkenalkan oleh Tony Buzan dengan mendapatkan inspirasinya dari beragam teknik yang pernah dilakukan oleh Albert Einstein, Joseph D. Novak, dan Leonardo da Vinci.

Jika kamu menggunakan metode mind mapping, kamu akan menghasilkan sebuah catatan yang lebih mudah diatur dan penuh kreativitas sehingga akan membuatmu mudah mengingat bacaan. Seperti namanya, metode mind mapping sendiri berbentuk seperti diagram yang dipetakan pada beberapa ide sehingga membentuk susunan sedemikian rupa dan mudah dipahami.

Bagaimana sebenarnya bentuk mind map?

Sebuah mind map memiliki karakteristik sendiri tergantung pada kreativitas pembuatnya. Namun, persamaan umum dari semua mind map ialah adanya struktur yang sangat terorganisasi dengan baik. Struktur mind map sendiri berbentuk layaknya diagram, konsep utama di bagian tengah yang kemudian dihubungkan menggunakan garis yang menjalar pada beberapa ide-ide lainnya. Tidak hanya itu, sebuah mind map juga biasa dibekali dengan adanya simbol, warna, kata-kata, gambar yang berkaitan dengan konsep utama dari ide tersebut. 

Kamu bisa membayangkan sebuah mind map seperti sebuah peta dengan adanya beberapa bangunan yang dihubungkan dengan jalan-jalan. Kamu juga bisa membayangkan sebuah mind map seperti sebuah pohon besar dengan dahan yang banyak di mana masing-masing dahan berisi ide-ide lain dari konsep utama yang berada di bagian tengah pohon atau akarnya. Dengan cara yang unik tersebut, kamu akan lebih mudah memahami ide dari bacaan yang kamu sedang hafalkan.

Apa saja manfaat menggunakan metode mind mapping?

Otak manusia memiliki kemampuan dalam bekerja menggunakan gambar secara asosiatif sehingga daya ingat manusia memiliki hubungan terhadap perhatian, persepsi, serta proses pemahaman. Maka dari itu, saat menggunakan metode pemetaan, otak manusia akan secara mudah menangkap informasi karena ada tambahan efek asosiasi dari kata kunci, gambar, serta warna dalam sebuahpemetaan ide.

Sebuah mind map sendiri membuatmu membayangkan suatu hal yang memiliki hubungan satu sama lain serta dianggap cocok dengan kemampuan otak daripada menggunakan catatan konvensional. Tidak hanya itu, menggunakan metode mind mapping juga bisa mengasah kreativitasmu dalam mengembangkan ide-ide baru lainnya.

Bagaimana cara membuat sebuah mind map?

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan segala perlengkapannya yang meliputi kertas polos ukuran A4 dan alat tulis warna-warni. Letakkan ide pokok atau konsep utama dalam bacaan pada tengah-tengah kertas, sebagai contoh ide pokoknya yaitu Minuman. Setelah itu, buatlah beberapa cabang lain (dahan) dengan warna yang berbeda satu sama lain sebagai tema-tema utama dari bacaan yang kamu baca. Contoh tema-tema tersebut adalah Minuman Hangat dan Minuman Dingin.

Setelah membuat tema-tema utama, buatlah beberapa cabang baru lagi (ranting) dengan warna yang sama dengan warna tema utamanya. Sebagai contoh, kamu bisa memasukkan Es Teh dan Es Jeruk pada tema Minuman Dingin. Kemudian, kamu bisa melanjutkan cabang-cabang tersebut sesuai buku yang kamu baca. Gunakanlah frasa-frasa pendek dalam mind map yang kamu buat serta tambahkan beberapa gambar agar tampak lebih menarik.

Terlihat sangat asyik dan mudah untuk dilakukan, bukan? Kamu wajib coba menggunakan metode mind mapping untuk mendapatkan hasil yang efektif saat belajar. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dalam beberapa program bimbingan belajar SSC Sidoarjo untuk meningkat level belajar kamu secara efektif. Yuk, gali informasinya lebih lanjut di situs SSC Sidoarjo serta akun Instagram resminya, ya!

Photo credit: Pxhere