UKM Kampus yang Unik di Indonesia

Buat kamu yang sedang kepo-kepo universitas di Indonesia nih, selain prodi dan jurusan, kamu juga harus tahu soal Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lho! UKM kampus ini adalah wadah bagi mahasiswa mengembangkan bakat, minat, serta keahlian tertentu, selain bidang yang dipelajari di kelas perkuliahan. Mengikuti UKM kampus, sama dengan kamu mengembangkan diri, dan melatih kemampuan di luar pelajaran kuliah. Jadi, sebisa mungkin kamu ikut satu dari sekian banyak UKM yang ditawarkan. 

Oh ya, di beberapa universitas di Indonesia, ada UKM unik yang berbeda dari lainnya lho! UKM ini digagas oleh para mahasiswa, untuk mengembangkan kemampuan non akademiknya. Cari tahu yuk, universitas mana saja yang punya UKM unik dan apa jenis UKM-nya!

UKM studi Pedesaan – USU

Buat kamu yang punya rencana kuliah hingga ke luar Pulau Jawa, kamu bisa ke Universitas Sumatera Utara yang terletak di Kota Medan. Selain beragam jurusan serta jenjang pendidikan yang bisa kamu pilih, Universitas Sumatera Utara (USU) punya UKM kampus unik yang dinamakan UKM Studi Pedesaan. Kegiatan UKM ini berhubungan erat dengan pengembangan desa, khususnya di bidang perkebunan dan pertanian. 

Di tahun 2017, UKM Studi Pedesaan bahkan berhasil menyelenggarakan Seminar Nasional Pemuda yang Berinovasi Membangung Desa di Kabupaten Karo. Kalau kamu ingin kegiatan UKM Kampus yang mirip-mirip dengan KKN dan memiliki unsur pengabdian, bisa banget nih gabung di UKM Studi Pedesaan USU. 

Tim peduli AIDS – Atma Jaya

UKM kampus juga bisa tentang kepedulian kondisi kesehatan sekitar. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Atma Jaya, mereka membuat UKM kampus yang dinamakan Tim Peduli AIDS. UKM ini mengusung motto “more than care” untuk selalu meningkatkan kesadaran mahasiswa dan masyarakat akan keberadaan HIV & AIDS. Anggota UKM rutin mengadakan penyuluhan ke rumah singgah dan sekolah dengan tujuan edukasi penyakit HIV & AIDS. 

Peduli Difabel – UGM 

Semangat berbagi dan saling mendukung yang dilakukan oleh UKM kampus, Peduli Difabel Universitas Gadjah Mada ini patut kamu tiru lho! UKM kampus yang diberi nama Student Activity Unit of Difable Care UGM (SAUDC UGM) ini dibentuk untuk menampung aspirasi, menyalakan motivasi, dan memperjuangkan isu-isu yang melibatkan kaum difabel, terutama yang berada di dalam ruang lingkup UGM. 

Kegiatan yang dilakukan SAUDC UGM ini juga banyak banget, lho, termasuk di antaranya adalah penelitian sosial, kunjungan ke SLB, seminar, hingga menyelenggarakan kelas bahasa isyarat. Wah, sangat bermanfaat sekali, kan,  kegiatan yang dilakukan? 

Lises Gentra Kaheman – IPB

Sebagai kampus yang berada di Tanah Pasundan, Institut Pertanian Bogor (IPB) memiliki UKM kampus unik yang bertujuan melestarikan kebudayaan asli Sunda. UKM tersebut dinamai Lingkung Seni Sunda (Lises) Gentra Kaheman. UKM ini dibuat sebagai wadah pengembangan minat dan bakat mahasiswa terhadap kesenian Sunda. Setiap tahun UKM Lises Gentra Kaheman mengadakan Pagelaran Teater Ki Sunda Midang. 

Gateball – Unud

Sudah pernah dengan gateball belum? Ini adalah jenis olahraga dari Jepang yang menggabungkan konsep permainan mirip golf dan catur. Permainan ini menggunakan bola sebagai alat permainan utama dan dimainkan dengan cara satu lawan satu, dua lawan dua, hingga lima lawan lima. Permainan ini berlangsung selama 30 menit di lapangan yang luasnya 15×20 meter. 

Di Universitas Udayana (UNUD) olahraga gateball ini sudah terbentuk sejak lama, seiring dengan masuknya gateball ke Bali pada tahun 1995. UKM kampus gateball di Unud ini sudah sering mengikuti beragam kejuaraan, hingga memenangkan beberapa di antaranya. Gateball Unud pernah Juara III Kategori Grup Kejurnas Bupati Tabanan Cup 2012 dan Juara III Rektor Unud Cup 2013.

Unik dan menarik sekali, kan, UKM kampus yang ada di beberapa universitas di Indonesia? Supaya kamu bisa gabung di salah satunya nih, kamu harus rajin belajar dulu supaya lolos SNMPTN maupun SBMPTN. SSC Sidoarjo siap banget lho, mendukung cita-cita kamu bergabung ke UKM-UKM di atas. SSC Sidoarjo punya kelas khusus persiapan ujian dan UTBK/SBMPTN. Kalau mau tahu jadwal dan informasi lengkap seputar kelas, bisa klik di sini

Photo credit: Freepik