5 Hal yang Pasti Dirasakan Siswa Kelas XII SMA Saat Semester Akhir

Hai, anak kelas XII SMA! Bagaimana kabarmu hari ini? Untuk yang baru saja lulus, pasti rasanya sangat lega sudah berhasil menjalani semester akhir SMA dengan sangat baik. Buat yang baru naik kelas XII, semangat ya, kamu pasti bisa menjalaninya! Semester akhir di putih abu-abu itu, rasanya campur aduk dan terasa singkat. Banyak yang harus dilakukan, harus dikejar, dan diwujudkan. Tapi ketika kamu menengok ke belakang, semua sudah terlalui dengan sempurna. Apa saja, ya, hal yang dirasakan anak kelas XII SMA?  

Super nervous karena menghadapi ujian nasional

Siapa memang yang nggak nervous saat dihadapkan dengan ujian nasional yang menjadi penentu kelulusan masa tiga tahun SMA di semester akhir? Setiap siswa pasti serius mempersiapkan UN dengan baik agar dapat nilai maksimal. Kamu juga begitu, kan? Rasanya, waktu berlalu begitu cepat dan tidak ada lagi waktu untuk main-main. 

Deg-degan menghadapi ujian nasional ini wajar terjadi. Setiap siswa mengalami. Meski begitu, ini adalah sebuah fase yang harus kamu lalui untuk bisa menempuh jenjang pendidikan berikutnya. Sejak awal naik kelas, kamu pasti sudah merasakan tekanan untuk menghadapi UN dengan baik. Tapi kalau kamu sudah melewati, pasti semuanya terasa singkat. 

Galau menentukan jurusan kuliah

Selain nervous karena UN, anak kelas SMA juga galau menentukan jurusan kuliah. Bahkan, boro-boro menentukan jurusan kuliah, mau kuliah di mana juga mungkin kamu bingung. Yang baru saja lulus, benar merasa seperti ini, nggak? Tenang, buat yang baru naik kelas nih, pilihan untuk menentukan jurusan kuliah ini bisa dipikir sejak saat ini, kok. Jadi, di semester akhir nanti kamu sudah punya pilihan pasti. 

Pusing mikir PTN atau PTS 

Memikirkan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) sama pusingnya dengan memikirkan jurusan. Keduanya harus dipertimbangkan secara matang agar tidak ada penyesalan nantinya, Jangan sampai deh, saat kuliah mulai kamu berpikir salah jurusan. Yang seperti ini, baiknya dihindari sejak awal. 

Tips untuk yang bingung memilih PTN atau PTS, sebenarnya keduanya sama baik dan bagusnya. Jurusan yang ditawarkan juga sama beragamnya. Yang terpenting, pilihan tersebut disesuaikan dengan kondisi finansial dan juga nilai ujian. Pilih jurusan di perguruan tinggi dengan passing grade yang kiranya bisa kamu capai agar bisa mewujudkan impian yang kamu harapkan. 

Sibuk ikut bimbingan belajar

Kelas XII SMA tiada hari dilalui tanpa sibuk ikut bimbingan belajar. Ada mungkin yang memilih kursus privat di rumah. Tapi lebih banyak lagi yang memilih join bimbingan belajar offline seperti di SSC Sidoarjo. Setiap tahun, ada program kelas khusus persiapan Ujian Nasional (UN) dan UTBK/SBMPTN yang diselenggarakan oleh SSC Sidoarjo. Kamu bisa ikut kelas untuk UN, dan berlanjut ke kelas UTBK/SBMPTN jika memang tidak lolos SNMPTN. 

Untuk yang baru naik kelas XII SMA nih, SSC Sidoarjo selalu menawarkan promo potongan harga untuk kamu yang join di awal. Semakin cepat kamu gabung, semakin hemat biaya yang dibayarkan. Sudah banyak lho, kakak kelas kamu yang ikut bimbel di SSC Sidoarjo dan berhasil meraih mimpi kuliah di perguruan tinggi. 

Saat akhir bersama teman perjuangan 

Sedih, mellow, dan galau adalah perasaan absolut yang pasti terasa ketika semester akhir. Memikirkan kebersamaan dengan teman bakal berakhir, tentu rasanya nyesek. Membayangkan bagaimana menjalani hari tanpa sahabat karib, pasti berat sekali. Namun, itu sudah jadi jalan yang pasti harus dilalui. Kalau tidak diakhiri, kamu tidak akan perguruan tinggi. Tenang, kamu punya banyak sekali waktu kok, untuk tetap kumpul dan bermain sama mereka. Tinggal telepon, chat, atau sapa di direct message. 


Banyak sekali perasaan dan hal yang kamu lalui di semester akhir kelas XII SMA. Semua itu akan menjadi jalan yang ditempuh dan dijalani untuk bisa ke jenjang berikutnya. Selamat yang sudah lulus, dan untuk yang baru naik, jangan lupa gabung di bimbel SSC Sidoarjo!

Photo credit: SSC Sidoarjo